Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paper Terkait Politik Lokal yang Ada di Daerah Tempat Tinggal

 Sukseskan Program Pemerintah, Pemberdayaan Masyarakat Longwis Kota Makassar Mulai Dilakukan


Era reformasi dengan kebijakan desentralisasi berhasil menjadikan politik lokal Indonesia lebih dinamis. Salah satu bentuk kebijakannya adalah dengan pemberdayaan masyarakat guna memaksimalkan potensi ekonomi daerah. Pemberdayaan masyarakat sendiri merupakan upaya dalam mempersiapkan masyarakat dengan tujuan untuk memajukan, memandirikan, dan menyejahterakan masyarakat. 

Mengenal Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat memiliki sejumlah ciri-ciri. Salah satunya adalah dipimpin oleh tokoh masyarakat atau pemerintah terkait. Selain itu, pemberdayaan masyarakat juga harus melibatkan khalayak, memperhatikan pendanaan masyarakat, material, pengetahuan, dan kemajuan teknologi.

Selain memiliki ciri-ciri, pemberdayaan masyarakat juga memiliki empat prinsip. Berikut prinsip-prinsipnya.

• Kesetaraan, merupakan prinsip utama yang mengharapkan kesejajaran kedudukan antara masyarakat dengan lembaga yang melakukan program pemberdayaan ini. Masing-masing harus mengakui kelebihan dan kekurangan, sehingga proses saling belajar bisa terjadi

• Partisipasi, program pemberdayaan diharapkan bisa menstimulasi kemandirian dari masyarakat, sehingga sifatnya sangat partisipatif

• Kemandirian, prinsip selanjutnya adalah mengedepankan dan menghargai kemampuan masyarakat dalam berbagai bidang. Jadi, pemerintah berharap masyarakat tidak bergantung pada bantuan dari pihak lain

• Berkelanjutan, program pemberdayaan ini harus memiliki tujuan yang berkelanjutan. Namun, perlahan-lahan program pendampingan pasti akan berkurang karena masyarakat sudah bisa mengelola kegiatannya secara mandiri

Pemberdayaan masyarakat mempunyai beberapa tujuan, antara lain:

• Memperbaiki kelembagaan di wilayah pemberdayaan, dalam hal ini wilayah Makassar

• Memperbaiki pendidikan dan meningkatkan semangat untuk belajar, Diharapkan hal ini bisa memperbaiki usaha atau ekonomi kreatif yang akan berjalan 

• Adanya aktivitas perbaikan bisnis di area binaan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat 

• Memperbaiki lingkungan yang seringkali rusak akibat kemiskinan

• Memperbaiki komunikasi dalam masyarakat secara keseluruhan. Pada akhirnya, tujuan utama dari pemberdayaan masyarakat adalah meningkatkan rasa persaudaraan dan gotong royong di setiap elemen masyarakat

Baca juga: Motivasi dan prosesnya

Pemberdayaan Masyarakat di Makassar

Mulai hari Senin, 21 November 2022 hingga Selasa, 22 November 2022, Pemerintah Kota Makassar melangsungkan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dijalankan bersama Dinas Pariwisata Kota Makassar guna mendukung program 10.00 training skill gratis bagi masyarakat.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola destinasi pariwisata. Nantinya, masyarakat akan mendapat bekal pengetahuan dan aspek penting dalam mengembangkan lorong wisata yang ada di Makassar. Hingga akhirnya, akan terbentuk wisata mandiri dengan basis ekonomi rakyat.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 115 peserta dari jajaran dewan Longwis Kota Makassar. Semua elemen masyarakat yang terlibat menganggap kegiatan pemberdayaan ini sangat bermanfaat.

Tahapan Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat yang terjadi di Kota Makassar tentu saja sudah melalui sejumlah tahapan agar tujuannya bisa tercapai. Berikut langkah-langkah atau tahapan pemberdayaan masyarakat. 

• Tahap Persiapan

Tahapan yang pertama adalah mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat. Lembaga yang mengadakan kegiatan ini harus mempersiapkan petugas yang mendampingi masyarakat. Selain itu, juga harus menyiapkan lapangan atau tempat pelaksanaan kegiatan secara non-direktif.
Pada tahap persiapan ini, tujuan dari kegiatan pemberdayaan dan target sasarannya juga harus jelas. Tanpa adanya persiapan yang matang, maka kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar.

• Tahap Pengkajian

Selanjutnya, ada proses pengkajian yang bisa dilakukan secara individu melalui kelompok dalam masyarakat. Petugas pemberdaya harus mampu mengidentifikasi aneka masalah kebutuhan dan sumber daya milik klien.

• Tahap Perencanaan Kegiatan Alternatif

Pada tahap ini, petugas menjadi agen perubahan dan harus bergerak aktif dalam melibatkan warga. Masyarakat diajak untuk berpikir terkait masalah yang dihadapi dan mencari solusinya. Harapannya, masyarakat bisa memikirkan beberapa alternatif kegiatan. 

• Tahap Pemfomalisasi Rencana Aksi

Selanjutnya, agen pemberdaya akan membantu masyarakat untuk merumuskan dan menentukan kegiatan yang akan mereka lakukan guna mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu, petugas juga bisa membantu memformulasikan gagasan dalam bentuk tulisan, terutama jika ada kaitannya dengan proposal dana.

• Tahap Implementasi Program

Jika semua sudah matang, kita akan masuk dalam tahap implementasi. Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bisa langsung berjalan dan harapannya berlangsung dalam jangka waktu panjang. Kerja sama antara petugas pemberdaya dengan masyarakat menjadi hal penting untuk meminimalisir resiko atau tindakan melenceng di lapangan.

• Tahap Evaluasi

Selanjutnya, ada tahap evaluasi sebagai proses pengawasan warga. Petugas program pemberdayaan masyarakat bisa melakukan pengawasan secara internal untuk memudahkan komunikasi dengan masyarakat terkait. Komunikasi penting untuk mengevaluasi kinerja dan memberikan solusi dengan memanfaatkan sumber daya.

• Tahap Terminasi

Terakhir, ada tahap terminasi. Tahap ini menjadi pemutusan hubungan formal dengan komunitas sasaran. Terminasi menjadi akhir dari program pemberdayaan masyarakat.

Tanggapan Mengenai Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat di Kota Makassar sangat baik untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat. Masyarakat menjadi lebih mandiri dan bisa mengeksplorasi kemampuan masing-masing.

Selain membantu meningkatkan potensi diri sendiri, pemberdayaan masyarakat juga bisa memajukan ekonomi daerah Makassar. Tentu saja hal ini baik untuk citra Kota Makassar di mata daerah lainnya atau bahkan luar negeri.

Pemberdayaan masyarakat bisa menjadi tonggak utama dalam mewujudkan cita-cita bangsa, yakni  Semakin banyak daerah yang sadar terkait pemberdayaan masyarakat, maka akan semakin baik pula pemerintahan dan ekonomi di negara kita.
Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "Paper Terkait Politik Lokal yang Ada di Daerah Tempat Tinggal"