Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Advertisement: Fungsi, Tujuan, Struktur, dan Jenis-Jenis Iklan

Kalau kita nonton video di YouTube suka tiba-tiba ada video yang muncul dan nawarin produk. Iya ngga?

So, what is an advertisement? Advertisement is an announcement in the form of an image, audio, or a video used to inform the public of certain goods, services, or vacancies.

Jadi advertisement atau iklan atau yang bisa disingkat menjadi ads, adalah suatu pengumuman yang bentuknya bisa gambar, audio, atau video.

Fungsi dari suatu advertisement?

Advertisement aims to:

1. promote products or services atau mempromosikan produk atau jasa

2. attract potential buyers or customers to buy products atau menarik calon pembeli atau pelanggan untuk membeli produk,

3. persuade users to use the services from the service providers atau mengajak pelanggan untuk menggunakan jasa,

4. invites readers to apply for available job positions atau mengajak pembaca untuk melamar pekerjaan posisi yang tersedia

Rangkuman materi advertisement dalam bahasa inggris

Diingat-ingat ya tujuan dari advertisement-nya. Jadi setelah masyarakat tahu tentang produknya, pengiklan mengharapkan pembaca untuk tertarik dan membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

Baca juga: Ringkasan Materi Simple Present Tense

Struktur Teks Iklan

Sekarang kita analisis struktur teksnya iklan ya. Iklan atau advertisement mempunyai struktur teks yaitu title atau judul dan explanation atau penjelasan.

1. Title

Bagian judul berisi tentang tentang nama barang, layanan, atau pekerjaan yang sedang ditawarkan. Apabila iklan barang atau jasa, bagian ini berisi tentang nama dari barang atau layanan yang sedang ditawarkan.

Sedangkan pada iklan lowongan pekerjaan, bagian ini berisi tentang nama/posisi pekerjaan yang sedang ditawarkan. Pada iklan juice ini judul atau title-nya adalah natural vibes juice bar. Artinya iklan ini menawarkan tentang tempat yang menjual jus.

2. Explanation

Bagian explanation atau penjelasan berisi tentang informasi terperinci tentang barang, layanan, atau pekerjaan yang ditawarkan. Kalau iklan barang atau jasa, tentu saja bagian ini berisi tentang spesifikasi, keunggulan, fasilitas dan informasi lain mengenai barang atau jasa tersebut.

Sedangkan pada iklan lowongan pekerjaan, bagian ini berisi tentang persyaratan, rincian pekerjaan, dan fasilitas yang akan didapatkan oleh pelamar.

Karena tujuan iklan adalah untuk membuat pembaca tertarik kepada hal yang ditawarkan, maka bahasa yang dibutuhkan harus persuasif atau persuasive statement.

Pada iklan jus contohnya. Bisa menggunakan bahasa yang persuasif seperti “Juice that makes you healthy and happy” dan juga “great tasting smoothie drink”. Frasa ini dipilih untuk meyakinkan pembaca tentang kualitas jus yang diiklankan.

Selain title dan explanation, sebuah iklan juga dilengkapi dengan gambar produk supaya pembaca tahu visualisasi dari hal yang sedang diiklankan.

Tujuan advertisement adalah untuk promote products, services, or jobs dan untuk attract potential users. Sedangkan strukturnya adalah title dan explanation dengan persuasive statement.

Kita sudah belajar tentang tujuan, bahasa, dan struktur iklan, selanjutnya kita akan belajar tentang jenis-jenis iklan.

Jenis-Jenis Iklan

Nah ada beberapa jenis iklan yang perlu kita ketahui nih. Yang pertama adalah goods advertisemet atau iklan barang, Yang kedua adalah services advertisement atau iklan jasa, Yang terakhir adalah job vacancy atau iklan lowongan pekerjaan. Kita bahas satu-satu yuk!

1. Goods advertisement.

Goods advertisement atau iklan barang adalah iklan yang menawarkan benda yang mempunyai wujud fisik seperti makanan, minuman, alat elektronik, pakaian, alat transportasi. Pernah melihat iklan melintas di jalan raya? Kayaknya enak ya. Yummy!

Sekarang bayangkan, ada gambar makanan berupa burger dan minuman berupa soda, maka ini adalah iklan barang yang berupa makanan atau food.

Nama produknya adalah SUMBAY. Bahasa persuasif yang digunakan adalah “Build Your Better Breakfast” atau buat sarapanmu lebih baik.

Yuk lihat iklan yang lain! Ada orang dan ada empat wadah pada gambar. Ada bahasa persuasif “4x smoother sleeker hair” atau rambut empat kali lebih berkilau dan halus nih.

 Jadi bisa dipastikan bahwa ini adalah iklan untuk produk rambut atau hair product. Nama produk pada iklan ini adalah ELSAVE dari LORELA London.

Nah gambar orang dengan sebagian rambut bergelombang kemudian menjadi halus memberikan gambaran tentang khasiat atau kegunaan produk.

Wah jadi pengen beli ya. Nah itu tadi adalah dua contoh iklan barang ya, sekarang kita beralih ke jenis iklan yang kedua.

Baca juga: 165 Contoh Kalimat Ungkapan Sehari-Hari

2. Services advertisement atau iklan jasa.

Apa sih bedanya dengan iklan yang sebelumnya kita bahas? Services advertisement adalah iklan yang menawarkan jasa yang biasanya kita sewa selama periode waktu tertentu. Jadi apa yang ditawarkan nggak bisa jadi milik kita selamanya.

Lalu apa contohnya? Ada banyak jenis jasa yang biasa diiklankan, ada hotel, salon, bengkel, laundry, bimbingan belajar.

Gambar yang ada makanan atau minumannya belum tentu iklan barang. bisa jadi itu iklan hotel yang menyewakan ruangan atau kamar. Nah makanan atau minuman itu adalah salah satu fasilitas yang kita dapatkan kalau kita menyewa hotel.

Kita menyebutnya dengan iklan jasa karena kita hanya memakainya dalam waktu tertentu. Biasanya kita bisa menyewa hotel minimal sehari semalam.

Nama hotel yang diiklankan misalnya Sherina Bandung. Bahasa persuasif yang digunakan adalah “need some peace and quiet?” atau "butuh kedamaian dan ketenangan?”

Iklan menawarkan cleaning service atau jasa untuk bersih-bersih. Iklan ini termasuk iklan jasa karena kita tidak membeli barang apapun dari penyedia layanan ini.

Nah nama pemberi jasa pada iklan ini adalah “KC Cleaning Service” dan bahasa yang digunakan untuk menarik pelanggan adalah enjoy a clean without lifting a finger.

Pada iklan ini, pemberi jasa juga menarik pelanggan dengan memberi diskon 50% loh. 

3. Job vacancy atau lowongan pekerjaan.

Wah pasti teman kece semua sudah sering lihat lowongan pekerjaan ya? Job vacancy is an advertisement which persuades readers to apply for the position offered.

Iklan lowongan pekerjaan itu adalah iklan yang mendorong pembaca untuk melamar posisi yang diiklankan. 

Kalau di iklan barang dan jasa tadi ada nama produk dan keterangannya, kalau di iklan lowongan pekerjaan ada nama pekerjaan yang ditawarkan dan kualifikasi atau persyaratan pelamar.

Jenis pekerjaan pada lowongan pekerjaan yang ditawarkan bisa bermacam-macam. Contohnya: Receptionist, Teacher, Public Relation, Programmer, Baby Sitter

Sesuai yang kakak jelaskan tadi, job vacancy is published to recruit someone atau untuk merekrut seseorang untuk melamar pekerjaan tersebut. Posisi yang ditawarkan adalah sebagai drafter.

Untuk kualifikasinya misalkan, maksimal berumur 25 tahun, punya gelar di bidang yang berkaitan, punya kemampuan di bidang seni dan desain, dan bisa bekerja secara mandiri.

Ini disebut dengan requirements atau qualifications. Pada lowongan pekerjaan, pengiklan juga harus mencantumkan kontak yang bisa dihubungi atau alamat perusahaan supaya pelamar tahu harus mengirim lamaran ke mana.

Nah itu dia penjelasan tentang types of advertisement. jenis iklan ada goods, services, and job vacancy advertisement.

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "Materi Advertisement: Fungsi, Tujuan, Struktur, dan Jenis-Jenis Iklan"