Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ringkasan Materi Surat Undangan Resmi & Tidak Resmi | Bahasa Indonesia 5 SD

 Menjelang akhir semester, siapa yang sudah tidak sabar ingin liburan? Sebelum libur, orang tua atau wali kalian pasti akan diundang oleh pihak sekolah untuk mengambil rapor. Saat itu, kalian pasti akan menerima surat undangan dari sekolah.

Materi Ringkas Surat Undangan Resmi & Tidak Resmi

Surat undangan adalah surat yang berisi undangan untuk menghadiri suatu acara. Ada dua jenis surat undangan yaitu surat undangan formal dan surat undangan informal.

Surat undangan resmi adalah surat undangan yang dibuat oleh lembaga resmi, seperti sekolah, instansi pemerintah, lembaga swasta, atau organisasi masyarakat.

Bagian Surat Undangan Resmi

Apa saja ya bagian dari surat undangan resmi? Yuk, perhatikan contoh surat undangan pengambilan rapor berikut.

a. Kepala surat atau kop surat

Bagian ini berisi identitas lembaga yang mengeluarkan surat undangan. Identitas yang dicantumkan misalnya nama sekolah, alamat, dan nomor telepon. Bisa juga dilengkapi dengan logo sekolah di sebelah kiri.

b. Tanggal penulisan surat atau tanggal surat dikeluarkan.

Letaknya di kanan atas surat.

c. Perihal surat

Bagian ini terdiri dari: nomor, lampiran, dan hal surat.

d. Alamat surat

Bagian tersebut berisi nama dan alamat dari penerima surat.

e. Salam pembuka

Letaknya di sebelah kiri dan diakhiri dengan tanda baca koma.

f. Isi surat

Bagian ini terdiri dari:

1. Pendahuluan

2. Isi, yaitu tanggal, waktu, tempat, serta jenis acara yang akan diselenggarakan.

3. Penutup, berisi harapan dan ucapan terima kasih.

g. Salam penutup

Letaknya di sebelah kanan bawah dan diakhiri dengan tanda baca koma.

h. Pengirim surat

Bagian ini terdiri dari nama jabatan, tanda tangan, dan nama pengirim. Biasanya di atas tanda tangan juga dibubuhi dengan cap atau stempel.

i. Jika dibutuhkan, ditambahkan juga ‘Tembusan’ di sebelah kiri bawah.

Tembusan berisi pihak-pihak lain yang perlu mengetahui surat undangan tersebut.

Baca juga: Ringkasan materi teks pidato

Surat Undangan Tidak Resmi

Bagaimana kalau kalian ingin membuat surat undangan untuk acara ulang tahun? Apakah formatnya sama seperti surat undangan pengambilan rapor? Tentu saja tidak ya.

Surat undangan ulang tahun adalah contoh surat undangan tidak resmi, karena surat dibuat atas nama pribadi dan ditujukan untuk kepentingan pribadi juga.

Bagian yang harus ada dalam surat undangan tidak resmi adalah nama penerima, jenis acara yang akan diselenggarakan, dalam contoh ini adalah acara ulang tahun, tanggal, waktu, dan tempat acara, serta nama pengirim.

Perbedaan surat resmi dan tidak resmi

Lalu, apa sih perbedaan antara surat undangan resmi dan yang tidak resmi? Surat undangan resmi dibuat oleh lembaga resmi, ditujukan kepada perorangan atau lembaga lain, dan berkaitan dengan kepentingan dinas atau acara formal.

Sedangkan surat undangan tidak resmi dibuat oleh perorangan, ditujukan kepada perorangan, dan berkaitan dengan kepentingan pribadi.

Surat resmi menggunakan bahasa baku dengan format yang baku, dilengkapi juga dengan kop surat, nomor surat, dan cap atau stempel dari lembaga. 

Sedangkan surat tidak resmi menggunakan bahasa yang lebih santai dengan format yang lebih fleksibel dan simpel. Jadi, gak perlu repot-repot pakai kop surat atau stempel ya.

Bagaimana teman-teman, sudah paham kan apa saja bagian-bagian dari surat undangan. Semoga setelah mempelajari materi ini, kalian jadi tahu cara membuat surat undangan yang baik dan benar ya.

Jika kalian diminta membuat surat undangan untuk acara perayaan ulang tahun sekolah, siapa saja yang harus kalian undang?

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "Ringkasan Materi Surat Undangan Resmi & Tidak Resmi | Bahasa Indonesia 5 SD"