Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ringkasan Materi Weather and Seasons Kelas 5 SD Beserta Contohnya

Temen kece pernah penasaran dengan yang namanya salju nggak sih? Di eropa atau di film-film biasanya kita lihat salju turun. Tapi kenapa ya di Indonesia kok tidak bersalju?

Ini karena Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan equator. Jarak daerah dengan garis ini yang menentukan banyaknya musim yang terjadi di negara tersebut.

Materi Weather and Seasons Kelas 5 SD Semester 2

Jadi apa nih perbedaan weather dengan seasons? Weather digunakan untuk menceritakan cuaca di suatu hari, sedangkan seasons biasanya digunakan untuk menggambarkan musim selama kira-kira 3 atau 6 bulan.

Jadi kalau cuacanya sering sekali hujan dalam 6 bulan, maka sedang berlangsung musim penghujan. Wilayah tropis memiliki 2 musim, yaitu dry season dan rainy season.

Wilayah subtropis memiliki 4 musim, yaitu, summer (musim panas), autumn atau fall (musim gugur), winter (musim dingin), dan spring (musim semi).

Wilayah di bumi dibagi menjadi 4 iklim sesuai jaraknya dengan garis khatulistiwa. Indonesia yang berada di wilayah tropis hanya memiliki 2 musim, atau dalam bahasa Inggris disebut weather.

Apa saja nih musim di wilayah tropis?

1. Dry season (musim kemarau)

In the dry season, it is sunny and hot. Dalam musim kemarau, biasanya cuacanya cerah dan panas ya. Enaknya minum es teh di bawah pohon sambil lihat teman bermain sepak bola waktu jam istirahat. Ya nggak?

2. Rainy season (musim penghujan)

In the rainy season, it is windy. It is cloudy, and then it rains.

Dalam musim penghujan, cuacanya berangin. Biasanya juga turun hujan kalau mendung. Saat musim penghujan, tanaman tumbuh lebih subur.

Kalau musim di wilayah tropis cuma ada 2, kalau di wilayah subtropis ada 4 musim. Musim ini berganti sekitar setiap 3 bulan sekali.

Contoh negara yang memiliki 4 musim adalah Australia, Italy, United Kingdom, South Korea Japan dan lain-lain.

Musim di wilayah Subtropis

Nah kita cari tahu yuk 4 musim ini seperti apa suasananya?

1. Summer (musim panas)

In summer, the weather is unpredictable. It is sunny. But it can suddenly rain.

Cuaca di musim panas biasanya susah diperkirakan, bisa tiba-tiba turun hujan, tapi bisa juga cerah. Makanya kita harus sedia payung sebelum hujan di musim panas. Meski begitu, orang sangat suka pergi ke pantai di musim panas untuk berjemur.

2. Autumn or fall (musim gugur)

In autumn, the leaves fall. It starts to get cool.

Pada musim gugur, daun-daun berguguran. Cuacanya mulai sejuk, karena musim gugur adalah musim peralihan dari musim panas ke musim dingin.

3. Winter (musim dingin)

Snow falls in winter. It is very cold. The sun rises late and sets early.

Salju turun di musim dingin. Sesuai namanya, cuaca di musim dingin sangatlah dingin. Orang-orang memakai pakaian yang tebal agar tidak kedinginan.

Matahari terbit lebih siang dan terbenam lebih cepat. Jadi waktu hari terang lebih pendek, dan waktu hari gelap lebih panjang. Brrr, dinginnya!!

4. Spring (musim semi)

In spring, the flower blooms. It is warm and nice for a picnic outside.

Di musim semi, kuncup-kuncup bunga berwarna warni bermunculan. Musim semi adalah musim yang indah. Udara sudah menghangat, sehingga pada musim ini kita bisa berpiknik di taman.

Di Jepang, ‘Hanami’ adalah tradisi masyarakat untuk piknik bersama menikmati keindahan bunga sakura yang sedang mekar. 

Baca juga: Adjective (Kata Sifat) dalam bahasa inggris

Manfaat belajar materi weather and seasons 

Mengetahui musim dan cuaca ini sangat penting bagi kita, karena kita jadi bisa bersiap-siap menghadapinya. Contohnya, sebelum musim dingin kita sudah menyiapkan hat, sweater, coat, scarf, mittens, leggings, socks, boots.

Pak Tani juga merencanakan waktu untuk planting, growing, dan harvesting berdasarkan musim. Nah, ITzen, kita baru saja membahas musim dan cuaca atau weather and seasons.

ITzen, can you tell us how the weather is in rainy season? Gimana nih cuaca di musim penghujan?

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "Ringkasan Materi Weather and Seasons Kelas 5 SD Beserta Contohnya"