Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas 2 Sistem Informasi Manajemen/ADPU4442 Universitas Terbuka

1. Jelaskan fungsi dari 2 jenis penyimpanan data pada sistem komputer:

a. Penyimpanan primer 

b. Penyimpanan sekunder

Pembahasan:

a. Penyimpanan primer berfungsi untuk menyimpan data yang memiliki kapasitas besar. Bisa kita bilang bahwa penyimpanan primer merupakan memori utama (main memory) yang digunakan untuk menyimpan data atau program dan kerap jadi pengingat. Jenis penyimpanan ini juga terkenal dengan sebutan memori internal.

Di dalam penyimpanan primer terdapat 4 bagian. Mulai dari output, input, program, dan working storage area. Tiap bagian tersebut memiliki fungsi tersendiri. Pada umumnya, fungsinya berguna untuk mengolah informasi sedemikian rupa hingga nantinya tersalurkan ke alat output.

b. Kemudian untuk penyimpanan sekunder, fungsinya yaitu menyimpan data apabila kapasitas penyimpanan primer sudah sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa penyimpanan sekunder merupakan alternatif memori yang bisa digunakan dengan memperhatikan kondisi penyimpanan primer terlebih dahulu.

Saat Anda menyimpan data dalam penyimpanan sekunder, maka informasinya bisa diambil saat sudah ditransfer ke CPU. Dalam pemanfaatan penyimpanan sekunder ini juga relatif lebih lama dalam menyimpan data di luar CPU ataupun penyimpanan primer. Penyimpanan sekunder pun bisa Anda manfaatkan saat ingin menyimpan data penting dalam jangka panjang.

2. Perbedaan antara Teknologi Piringan dengan Pita Magnetik;

a. Teknologi Piringan
b. Pita Magnetik

Pembahasan:

Perbedaan teknologi piringan dan pita magnetik bisa diketahui dari banyak. Mulai dari biaya, fungsi, penampilan, dan masih banyak lagi.

a. Untuk teknologi piringan seringkali berperan penting sebagai penyimpanan sekunder. Selain itu, teknologi piringan ini disusun membentuk silinder dengan tiap piring mempunyai kepala baca-tulis. Tidak hanya itu, teknologi piringan juga menawarkan harga yang relatif lebih mahal.

Perbedaannya juga bisa Anda ketahui dari penyimpanan. Pada sektor ini, teknologi piringan biasanya menyimpan beberapa ratus GB sampai dengan Terabytes. Teknologi piringan ini juga bisa diperbaharui dan relatif cepat dalam mengakses data.

b. Pita magnetik berguna sebagai penyimpanan cadangan. Dalam hal ini, pita magnetik menyimpan informasi yang jarang dipakai. Untuk penampilannya, pita magnetik berupa plastik tipis dan panjang yang memiliki strip sempit berlapis bahan magnetik. Sementara untuk biayanya cenderung lebih murah sehingga hemat budget.

Perihal penyimpanan, pita magnetik bisa menyimpan data dengan kapasitas mulai dari 20 GB sampai dengan 200 GB. Selain itu, pita magnetik ternyata tak bisa diperbaharui saat datanya sudah masuk. Untuk soal kecepatan aksesnya, relatif lebih lambat dalam memproses data.

Baca juga; Tugas 2 Pengantar Ilmu Politik UT

3. Jelaskan dengan ringkas kinerja (performance) dari Sequential File Organization dengan berdasar pada 5 pengoperasian dasar.

Pembahasan:

Kinerja dari Sequential File Organization berdasarkan pada lima pengoperasian dasar yaitu memudahkan penyimpanan sekaligus pembacaan data. Hal tersebut dilakukan secara berurutan sesuai dengan data yang masuk. Dengan konsep tersebut, maka data yang Anda butuhkan bisa secara mudah ditemukan.

Sequential File Organization melakukan pengolahan data dengan file yang berfungsi sebagai media input dan output. Dalam melakukan pengolahan data ini, Sequential File Organization melewati tiga tahapan. Tahapan tersebut meliputi tahap membuka file (open), tahap memproses (input/output), dan tahap menutup file (close).

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "Tugas 2 Sistem Informasi Manajemen/ADPU4442 Universitas Terbuka"