Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas 3 Filsafat Bisnis/ADBI4449 Universitas Terbuka

 

1. Jelaskan pentingnya nilai materialisme dan spiritualisme, kemudian berikan contoh bisnis yang menunjukkan perbedaan penerapan kedua nilai tersebut dalam bisnis.

Makna nilai materialisme dalam bisnis hanyalah bisnis berorientasi uang yang mendasari praktik bisnis kapitalisme modern. Karena modal saham suatu perusahaan adalah uang. Menggunakan analogi bahwa uang itu seperti darah untuk bisnis. Upaya mengumpulkan uang dengan pengertian bahwa uang menggambarkan tingkat kesejahteraan dan kemakmuran.

Namun, tujuan bisnis semacam itu sangat berbahaya. Pentingnya Nilai Spiritualisme. Secara bahasa, spiritualitas berarti “yang hubungannya dengan spirit”, “milik yang sakral atau berkaitan dengan fenomena atau mahluk gaib. Spiritualitas berarti vitalitas, status sakral dan hubungan dengan Tuhan sebagai prima causa. Spiritualitas mengacu pada nilai – nilai luhur yang berasal dari kekuatan di luar diri yang suci, agung dan penuh kebaikan. Dalam bisnis, spiritualitas yang bersifat metafisik (tidak dapat diasimilasi oleh panca indera), misalnya membangun ruang-ruang religi pada bangunan komersial yang dapat membawa kejernihan, memiliki kelebihan . Banyak pengusaha yang memiliki visi ke depan ingin membangun ruang-ruang yang mendukung terwujudnya aspek spiritual.

Kerohanian mampu menekan hasrat materialisme, yaitu pemahaman bahwa kepemilikan benda-benda material sangat penting bagi seseorang dalam mengejar kebahagiaan.Kerohanian juga merupakan modal yang ampuh untuk menghadapi tantangan dan hambatan bisnis. Seseorang yang spiritualitas adalah orang yang tangguh ketika usahanya lambat atau bahkan bangkrut. Seorang pebisnis yang memiliki spiritualitas yang baik akan tabah ketika dihadapkan pada kondisi “makmur” yang menimpanya dan selalu mengingat betapa sulitnya memulai bisnis, sehingga ia menjalankan bisnisnya dengan serius.

 Baca juga: Tugas 2 Asas-Asas Manajemen/ISIP4111 Universitas Terbuka

2. Mengapa tindakan bisnis pada dasarnya diarahkan untuk menghargai sumber daya alam (SDA) dan memperkuat sumber daya manusia? Jelaskan pendapatmu

Menurut pendapat saya, perilaku bisnis harus berorientasi pada penghormatan terhadap sumber daya alam dan penguatan sumber daya manusia, karena kerusakan tanah, laut, dan saluran air dipandang dan dialami sebagai ancaman terhadap eksistensi manusia. Ketika akses terhadap sumber daya alam terbuka dan tidak tetap, setiap pengguna terus memaksimalkan kepentingan pribadinya untuk mengeksploitasi sumber daya alam tersebut.

Setiap pengguna mencoba untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Namun, risiko ditanggung oleh seluruh masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Dengan memperhatikan perkembangan hubungan internasional, khususnya program pembangunan berkelanjutan, banyak peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Kasus ini menunjukkan bahwa keberlanjutan dapat meningkatkan bisnis. Hanya the next new born company yang dapat berkelanjutan dalam artian peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap masa depan generasi manusia selanjutnya.

Hal-hal seperti itu kemudian menjadi penting bagi realisasi para pedagang. Dengan kesadaran ini, berbagai kampanye keberlanjutan global telah diluncurkan. Misalnya, kampanye tentang pentingnya sampah ramah lingkungan, dll. Selain sumber daya alam, perusahaan memandang sumber daya manusia tidak hanya sebagai sumber daya, tetapi juga sebagai modal dasar atau modal dasar SDM, yang merupakan elemen dinamis dalam organisasi, termasuk dalam hal ini organisasi bisnis. Bisnis benar-benar tentang uang, bahan, metode, dan pasar. Namun dalam praktiknya, tidak ada bisnis yang dapat berjalan tanpa unsur manusia. Jadi ketika orang digunakan sebagai modal untuk membangun bisnis, orang-orang ini adalah modal dinamis yang memungkinkan organisasi untuk hidup, tumbuh dan berkembang.

Referensi:

Filsafat Bisnis ADBI4449, penulis H. Sam’un Jaja Raharja & Zaenal Muttaqin Edisi ke-2

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "Tugas 3 Filsafat Bisnis/ADBI4449 Universitas Terbuka"