Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cerita Singkat Hantu Seram Malaysia

 Siapa yang tidak kenal Malaysia? Negeri jiran ini spesial karena banyak kemiripan dengan Indonesia. Contohnya, keragaman etnis, budaya, dan kulinernya.

Perpaduan etnis Melayu dan Tionghoa menghasilkan budaya Peranakan. Etnis India juga membawa kebudayaan Hindhu dan Sikh.

Sedangkan Orang Asal merupakan penghuni awal daerah Sabah, Sarawak, dan Semenanjung Malaya. Adapun kolonisasi telah meninggalkan jejak pengaruh bangsa Portugis dan Inggris.

Kekayaan ragam budaya ini juga dapat dirasakan juga dalam kulinernya: Nasi lemak, nasi kandar, roti canai, ayam buah keluak, laksa Penang, mi Hokkien, hm… lezat!

5 Cerita Mahluk Gaib yang ada di Malaysia

Ternyata tidak hanya kuliner, cerita mistisnya pun terpadu dengan unik. Yuk simak 5 cerita makhluk gaib Malaysia berikut!

Jenis-jenis hantu di Malaysia

1. Hantu Saka

Saka adalah sejenis jin yang dipelihara oleh manusia dan bisa diwariskan ke orang lain. Wujud Saka sangat beragam.

Ia bisa muncul sebagai benda pusaka, atau bahkan hidup dalam satu tubuh dengan pemiliknya. Kebanyakan, Saka dipelihara untuk menjaga keselamatan harta dan nyawa pemiliknya.

Sebagai gantinya, pemilik Saka harus memberinya makan secara teratur. Umumnya, makanan Saka adalah "acak" yang terdiri dari telur, ayam bakar, dan ketan kuning.

Kalau tidak diberi makan, Saka akan merasuki pemiliknya. Dan kalau pemiliknya meninggal dan Saka belum diwariskan, maka ia akan mencari pemilik baru.

Seramnya, kita tidak selalu tahu kalau tiba-tiba ada “barang warisan” yang selalu mengikuti. Jadi berhati-hatilah kalau merasa melihat ada sosok di sudut pandang mata, tapi ketika dicari tidak ada.

Bisa jadi kamu sudah menjadi pemilik baru Saka!

2. Jembalang Tanah

Pernahkah kamu melihat sesajen “acak” di tengah area kosong yang jauh dari keramaian? 

Bisa jadi di hutan belukar, kebun buah, atau gua. Kalau iya, ini tandanya ada jembalang tanah yang menghuni daerah itu.

Di Indonesia, makhluk tak kasat mata ini dikenal dengan nama “hantu alas”. Makhluk ini tidak senang kalau kita menginjak tanah miliknya tanpa izin.

Kaki kita bisa bengkak tanpa sebab, dan kalau tidak segera ditangani, bisa berujung pada kematian!

Ada teori yang menjelaskan kalau makhluk ini pertama diciptakan oleh para pekerja yang membuka lahan hutan di masa lampau.

Mereka harus tinggal berbulan-bulan di hutan, dan selalu terancam bahaya dari alam, seperti serangan binatang buas, tertimpa batang pohon, atau terkena penyakit.

Dengan memberi sesajen “acak” pada penghuni hutan, mereka merasa mendapatkan perlindungan, sehingga berani untuk meneruskan pekerjaannya hingga usai.

3. Hantu Balong Bidai

Air tenang menghanyutkan. Peribahasa ini sangat cocok untuk menggambarkan hantu balong bidai. Hantu ini adalah sejenis jin yang tinggal di air yang dalam, seperti di bendungan, sungai, atau danau.

Tempat-tempat yang ditinggali balong bidai terlihat bersih dan cantik. Namun, ternyata berbahaya karena bisa menghanyutkan atau menenggelamkan orang yang menghampiri.

Balong bidai berbentuk seperti kain yang sangat lebar. Ia bisa tiba-tiba muncul, menggulung, dan melemaskan korbannya.

Kemunculan balong bidai ditandai dengan munculnya buih-buih air dan sampah daun dari dasar danau atau sungai ke permukaan.

Ada teori kalau makhluk ini sebenarnya diciptakan oleh para orang tua yang ingin mencegah anak-anaknya mandi sendirian di sungai, atau daerah perairan yang berbahaya.

4. Hantu Karak Highway

Selanjutnya, Karak Highway terkenal sebagai jalan tol paling angker di Malaysia. Jalan tol sepanjang 60 km ini menghubungkan Kuala Lumpur dan Genting Highlands.

Telah banyak kecelakaan yang terjadi di jalan yang gelap, panjang, dan berkelok ini.

Salah satu momok pengemudi di Karak Highway adalah kemunculan mobil VW kuning di depan mobil mereka saat malam yang gelap.

Mobil VW ini melaju sangat lambat, seperti minta disalip. Tapi ketika disalip, tak lama kemudian ada lagi mobil VW kuning yang melaju dengan lambat di depan. Begitu seterusnya.

Berapa kalipun ia disalip, mobil VW kuning ini selalu muncul kembali di depan kita. Tapi kalau diperhatikan dengan baik, di mobil ini tak terlihat ada pengemudinya!

5. Hantu Kum-Kum

Hantu kum-kum berkeliling dari rumah ke rumah, mengetuk dan menyapa “Kum... Kum.”

Konon hantu ini awalnya adalah wanita biasa yang ingin menjadi cantik. Ia meminta bantuan seorang bomoh atau dukun.

Bomoh menyanggupi permintaan wanita itu dengan syarat ia tidak boleh melihat wajahnya di cermin selama satu bulan.

Namun, karena menerima banyak pujian atas kecantikan barunya, ia jadi penasaran dan melanggar syarat sang bomoh.

Alangkah kagetnya ketika ia melihat wajah rusak parah di cermin! Wanita itu kembali ke bomoh, yang memberinya syarat baru supaya cantik kembali.

Syaratnya yaitu ia harus mengoleskan darah perawan di wajahnya. Oleh karena itu, wanita itu mengetuk pintu rumah untuk menemukan wanita yang bisa diambil darahnya.

Tadinya ia berniat menyapa dengan “Assalamualaikum”, namun karena dosanya telah menggunakan ilmu hitam, ia tidak dapat menyebut salam ini dengan benar. Karena itulah ia hanya bisa menyebut “Kum… Kum”.

Nah, sudah tau kan beberapa jenis hantu yang ada di negara Malaysia. Itu hanya cerita yang tidak usah ditakuti. InsyaAllah jika kita selalu meminta pertolongan Allah, kita akan mendapatkan perlindungan.

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "5 Cerita Singkat Hantu Seram Malaysia"